Wednesday, December 5, 2018

Metode Pengukuran Kemajuan Pekerjaan

Pengukuran kemajuan pekerjaan merupakan sebuah kegiatan untuk mengukur, mengoordinasikan, dan menjelaskan kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dikerjakan dalam sebuah proyek.


Metode Pengukuran Kemajuan Pekerjaan
www.asrmllc.com

Tahapan pengukuran ini akan digunakan sebagai acuan dalam menerima pembayaran dari owner. Selain itu juga dapat dijadikan penilaian apakah proyek tersebut mengalami keterlambatan.

Terdapat beberapa metoda dalam pengukuran kemajuan pekerjaan:


  • Units Completed
  • Incremental Milestone
  • Start/Finish
  • Supervisor Opinion
  • Cost Ratio
  • Weighted or Equivalent Units



Units Completed

Untuk kegiatan yang bersifat repetitif atau berulang. Kegiatan semacam ini mudah diukur kemajuan pekerjaannya. Biasanya pekerjaan yang berulang ini memiliki kesamaan dalam lamanya durasi pekerjaan atau volume material.


Incremental Milestone

Metode ini juga dikenal sebagai metode tahapan dan digunakan pada kegiatan yang memerlukan tahapan-tahapan yang prosedural dalam penyelesaiannya. Pada metode ini, setiap tahapan kegiatan diberikan bobot dalam persentase yang sesuai.

Dengan ini, kemajuan pekerjaan proyek dapat diukur menurut tahapan pekerjaan konstruksi yang telah diselesaikan.


Start/Finish

Metode ini hanya untuk kegiatan yang dapat dilihat point awal dan point akhirnya dan tidak dapat diukur di bagian pertengahan.

Contohnya adalah seperti pengujian pembebanan atau pembersihan suatu peralatan.

Dengan kata lain, metode ini digunakan untuk kegiatan yang sulit untuk ditentukan kemajuan pelaksanaannya, Start/Finish dinyatakan dalam persentase 0% atau 100%


Supervisor Opinion

Metode ini biasanya digunakan untuk pekerjaan yang dapat dilihat dengan pendekatan persepsi kemajuan pekerjaannya. Supervisor atau Pengawas menentukan dengan persepsinya sendiri sudah sejauh manakah suatu pekerjaan dilakukan, biasanya hanya untuk pekerjaan-pekerjaan minor.

Contohnya adalah pekerjaan pengecatan.


Cost Ratio

Metode ini dipakai untuk kegiatan yang memerlukan durasi yang panjang dalam penyelesaiannya. Pengukuran kemajuan pekerjaan ditentukan berdasarkan durasi yang telah berjalan. Cost Ratio dapat dihitung dengan rumus:


Pengukuran Kemajuan Pekerjaan Cost Ratio

Weighted or Equivalent Units

Metode ini seringkali digunakan dalam kegiatan yang kompleks. Kegiatan pekerjaan yang diukur biasanya memiliki waktu penyelesaian yang lama serta memiliki sub-sub pekerjaan. Untuk pengukuran akan diberikan bobot-bobot nilai dalam setiap pekerjaan.

Contohnya adalah pekerjaan struktur baja. Setiap pekerjaan yang telah selesai akan dikonversikan kedalam berat (ton) per berat (ton) total yang akan dibangun, yang kemudian akan dikonversikan kedalam persentase.

0 comments:

Post a Comment

 

2013 © sinaza

Designed by | Irsah inDesigns Copyright © 2013
Supported By | Blogr Templates and Themes

Domain + Hosting | Unlimited Web Host