Saturday, December 29, 2018

Cara Membatasi Kecepatan Kendaraan di Ruas Jalan

Membatasi kecepatan kendaraan di suatu ruas jalan dimaksudkan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di suatu daerah tertentu.

Pembatasan biasanya diimplementasikan di sekitar sekolah, di jalan tol, jalan yang ramai pejalan kaki, pertokoan, ataupun di kompleks perumahan.


Cara-cara Membatasi Kecepatan Kendaraan
news.gov.tt

Terdapat beberapa macam metode untuk pembatasan kecepatan kendaraan ini, antara lain:


Speed Bumps/Polisi Tidur

Kita semua sudah mengenal polisi tidur. Pembatas kecepatan ini merupakan yang paling umum dipakai. Dibuat dengan meninggikan suatu bagian jalan dan menimbulkan kesan tidak nyaman pada pengguna jalan yang melintasinya, bertujuan agar pengguna jalan mengurangi kecepatannya.


Road Hump

Pembatasan Kecepatan Road Hump
lgam.wikidot.com

Pembatas kecepatan ini mirip dengan Polisi Tidur, namun memiliki kelandaian yang lebih rendah. Tujuannya adalah agar pengendara tetap terasa nyaman saat melewati road hump ini.  


Rambu Batas Kecepatan

Dengan memasang rambu batas kecepatan, pengendara diharapkan dapat mengurangi kecepatannya berdasarkan yang ditentukan oleh rambu.

Bar Marking

Pembatasan Kecepatan Bar Marking
thenational.ae

Bar Marking ini menggunakan efek psikologis kepada pengendara dengan cara mengatur panjang serta spasi dari tiap Bar Marking untuk setiap jarak tertentu, biasanya diterapkan di jalan arteri atau jalan tol.

Pengendara akan merasa bahwa kecepatannya konstan, namun kenyataannya kecepatannya diturunkan secara perlahan-lahan.

Rumbe Area/Rumble Strips

Pembatasan Kecepatan Rumble Area
CBC

Merubah tekstur permukaan jalan menjadi tidak rata sedemikian sehingga menyebabkan  gangguan  yang  tidak  nyaman sehingga  pengendara  mengurangi  kecepatannya.
  
Selain itu, Rumble Area/Rumble Strips ini menyebabkan kebisingan suara yang cukup signifikan. Metode ini seringkali dijumpai di jalan tol.

Penyempitan Lebar Jalan

Penyempitan  jalan  dilakukan dengan menempatkan pulau lalu lintas ataupun tanaman bunga di tepi jalan, sehingga lebar jalan menyempit.

Adanya  penyempitan  ini  diharapkan pengendara akan mengurangi kecepatan pada saat melewatinya. Metoda  ini sangat  cocok  bagi  daerah  pemukiman dan daerah  pertokoan yang terdapat banyak pejalan kaki.

Optical Illusion

Pembatasan Kecepatan Optical 3D Illusion
Pinterest

Cara pembatasan kecepatan yang baru-baru ini diterapkan adalah dengan menggunakan 3D Art Style yang terasa nyata dari mata pengendara.

Sehingga pengendara akan mengurangi kecepatannya untuk mengantisipasi benturan yang sebenarnya tidak akan terjadi.

Pembatasan kecepatan ini banyak diterapkan di daerah kompleks perumahan terutama untuk mengurangi kebisingan apabila digunakan polisi tidur.

0 comments:

Post a Comment

 

2013 © sinaza

Designed by | Irsah inDesigns Copyright © 2013
Supported By | Blogr Templates and Themes

Domain + Hosting | Unlimited Web Host